Paling Powerful

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020, ROG Zephyrus G14 langsung dinobatkan menjadi salah satu laptop gaming yang paling digemari oleh para gamer. Mengusung bodi ringkas dengan layar 14-inci, dibekali spesifikasi yang powerful, serta memiliki desain unik dengan fitur AniMe Matrix Display yang dapat dikustomasi.

Meski demikian, tiga hal tersebut bukanlah alasan utama mengapa banyak sekali orang yang menyukai ROG Zephyrus G14. Tidak hanya para gamer, laptop gaming ini bahkan sangat digemari oleh pengguna non gamer karena profil desainnya yang minimalis bahkan mapir tidak terlihat sebagai laptop gaming. Padahal semua komponen yang diusung oleh ROG Zephyrus G14 GA402 adalah hardware kelas gaming yang sangat powerful.

Di tahun 2022 kali ini, ROG Zephyrus G14 kembali hadir dengan berbagai peningkatan tidak hanya dari sisi spesifikasi hardware tetapi juga dari fitur yang diusungnya. Berbeda dengan pendahulunya, ROG Zephyrus G14 (2022) kali ini juga dibekali dengan kombinasi CPU dan GPU dari AMD, yaitu AMD Ryzen 6000 Mobile Series dan AMD Radeon RX 5000 Series. Kombinasi keduanya menghadirkan keunggulan tersendiri dalam hal optimalisasi karena keduanya bekerja dengan sangat baik di sistem operasi Windows 11.

Selain itu, ada banyak sekali fitur yang ditingkatkan di ROG Zephyrus G14 (2022) dibandingkan dengan pendahulunya, mulai dari trackpad, hadirnya webcam, hingga sistem pendinginnya. Apa saja peningkatan yang ASUS ROG hadirkan kali ini? Mari kita bahas.

Tetap Ringkas dan Lebih Nyaman Digunakan

Salah satu hal yang membuat seri ROG Zephyrus G14 sangat populer adalah bentuknya yang sangat ringkas dan nyaman digunakan. Layarnya yang berukuran 14-inci membuat laptop gaming ini lebih ringkas dari laptop gaming pada umumnya yang rata-rata mengusung layar 15-inci. Selain membuat ukuran laptop menjadi lebih ringkas secara keseluruhan, layar 14-inci juga lebih digemari bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Itulah mengapa banyak pengguna non-gamer juga sangat menyukai ROG Zephyrus G14, karena seri laptop ini merupakan salah satu seri laptop 14-inci yang paling powerful hingga saat ini.

ROG Zephyrus G14 (2022) sendiri memiliki bodi dengan ketebalan tak lebih dari 2cm dan bobot di angka 1,72Kg. Berkat dimensi dan bobot tersebut, ROG Zephyrus G14 (2022) tetap tergolong sangat portabel dan mudah untuk dibawa bepergian. Anda bahkan tidak perlu membutuhkan tas khusus berukuran besar untuk membawa laptop gaming ini. Perlu ditekankan kembali bahwa ROG Zephyrus G14 (2022) adalah sebuah laptop gaming dan spesifikasi tersebut menunjukkan bahwa laptop gaming ini memiliki ketebalan dan bobot yang tidak berbeda jauh dengan laptop 14-inci pada umumnya.

Beberapa aspek desain pada ROG Zephyrus G14 (2022) juga telah ditingkatkan, salah satunya pada keyboard. ROG Zephyrus G14 (2022) menggunakan keyboard dengan traveling distance 1,4mm yang dirancang khusus agar nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas (bukan hanya gaming). Keyboard-nya juga kini dibekali dengan empat tombol programmable macro yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktiitas atau menjadi tombol pintasan ekstra saat bermain game.

Berbicara soal keyboard, ROG Zephyrus G14 (2022) juga masih mengusung fitur ErgoLift dengan engsel yang kini dapat dibuka hingga 180 derajat untuk memudahkan Anda berkolaborasi. ErgoLift juga membuat posisi mengetik menjadi lebih nyaman serta dapat membantu sistem pendingin bekerja lebih optimal berkat rongga udara ekstra yang dihadirkan saat laptop ini digunakan.

Dibandingkan dengan pendahulunya, ASUS memang merancang ROG Zephyrus G14 (2022) agar lebih nyaman digunakan dan hal tersebut tercermin langsung pada touchpad yang kini berukuran lebih besar. Bahkan hingga 50% lebih luas dibandingkan dengan ROG Zephyrus G14 generasi sebelumnya. Touchpad tersebut juga dirancang agar sangat akurat saat digunakan sehingga membuat pengguna ROG Zephyrus G14 (2022) tidak perlu menggunakan mouse kecuali saat bermain game.

Laptop Gaming Paling Stylish

Salah satu pembeda ROG Zephyrus G14 (2022) dengan laptop gaming lainnya adalah desainnya yang sangat stylish. Tidak hanya sekadar ringkas, ROG Zephyrus G14 (2022) juga memiliki bodi dengan desain yang tergolong low-profile untuk sebuah laptop gaming sehingga sangat memungkinkan untuk membawa laptop gaming ini ke pertemuan resmi atau digunakan di kantor.

Namun saat fitur AniMe Matrix Display-nya dinyalakan, ROG Zephyrus G14 (2022) berubah total menjadi sebuah laptop gaming. AniMe Matrix Display merupakan fitur berupa sederet lapmpu LED pada bagian belakang layar ROG Zephyrus G14 (2022) yang dapat dikustomasi. AniMe Matrix Display dapat digunakan untuk menampilkan teks hingga animasi. Gamer juga dapat memilih animasi yang ingin ditampilkan atau memasang animasi buatannya sendiri. Kustomasi tanpa batas pada laptop gaming hanya ada di AniMe Matrix Display.

AniMe Matrix Display juga dapat menampilkan sosok Omni, yaitu mascot resmi dari ROG. Tidak hanya sampai di situ, gamer bahkan dapat bermain Bersama Omni di beragam mini game yang telah disediakan. Tentu saja tampilan AniMe Matrix Display akan menyesuaikan dengan mini game yang sedang dimainkan.

Menemani AniMe Matrix Display, ROG Zephyrus G14 (2022) juga dilengkapi dengan keyboard yang mendukung fitur ROG Aura RGB. Jadi selain bisa melakukan kustomasi pada AniMe Matrix Display, gamer juga dapat membuat laptopnya tampil berbeda dengan RGB LED keyboard yang dapat dipersonalisasi. Sebagai tambahan, ROG Zephyrus G14 (2022) juga mendukung penggunaan ROG Aura Wallpaper yang dapat disinkronisasikan dengan ROG Aura RGB.

Layar Lebih Luas dan Dibekali Webcam

Jika dilihat secara lebih teliliti, ROG Zephyrus G14 (2022) memiliki dimensi bodi yang sedikit berbeda dengan pendahulunya. Hal tersebut dikarenakan ROG Zephyrus G14 (2022) kini menggunakan layar dengan rasio 16:10, berbeda dengan generasi sebelumnya yang menggunakan layar 16:9.

Rasio layar 16:10 membuat pengguna ROG Zephyrus G14 (2022) dapat lebih nyaman saat menggunakan laptop gaming ini untuk berbagai aktivitas karena rasio tersebut dapat menghadirkan ruang kerja (working space) yang lebih luas. Sebagai tambahan, ukuran bezel laptop gaming ini juga tergolong sangat tipis sehingga lebih terlihat sebagai laptop modern yang minimalis dan stylish.

ROG Zephyrus G14 (2022) juga kini dibekali dengan sebuah webcam terintegrasi. Bukan hanya webcam biasa, tetapi sebuah webcam dengan sesor infra merah yang mendukung fitur facial recognition. Ya, ROG Zephyrus G14 (2022) sudah mendukung fitur facial recognition login melalui Windows Hello. Artinya Anda tidak perlu lagi mengetikkan password atau memindai sidik jari, cukup arahkan wajah ke kamera dan sistem akan mengizinkan Anda untuk login secara otomatis.

Konektivitas Lengkap

Berbeda dengan pengguna mainstream yang masih bisa nyaman saat menggunakan laptop dengan dongle, gamer tidak dapat mentoleransi hal tersebut. Selain membuat repot, dongle juga berpotensi mengganggu saat gamer bermain game. Untuk itulah laptop gaming wajib memiliki konektivitas yang mumpuni agar berbagai aksesori gaming bisa dihubungkan dengan mudah.

Tak terkecuali ROG Zephyrus G14 (2022). Laptop gaming terbaru tersbeut sudah dibekali port yang sangat lengkap mulai dari USB 3.2 Gen2 Type-A untuk menghubungkan keyboard atau mouse gaming, HDMI 2.0b untuk menghubungkan laptop gaming ini ke monitor tambahan, 3.5mm combo audio jack untuk menghubungkan headset gaming, hingga USB 3.2 Type-C untuk menghubungkan berbagai perangkat dan aksesori modern

Menariknya lagi, ROG Zephyrus G14 (2022) sudah dibekali dengan port generasi terbaru yaitu USB 4.0 Type-C. Meski secara fisik terlihat sama seperti port USB Type-C pada umumnya, port tersebut dapat memberikan kecepatan transfer data yang jauh lebih kencang dari port USB lain yang ada di ROG Zephyrus G14 (2022) yaitu hingga 40Gbps. Port ini juga telah mendukung fitur USB Power Delivery hingga 100W, serta DisplayPort sehingga gamer bisa menghubungkan ROG Zephyrus G14 (2022) ke monitor modern melalui USB Type-C.

ROG Zephyrus G14 (2022) juga dibekali dengan konektivitas nirkabel berteknologi terkini yaitu WiFi 6E. Berbeda dengan teknologi WiFi lainnya, WiFi 6E memiliki frekuensi ekstra yang bisa digunakan selain 2,4GHz dan 5GHz, yaitu 6GHz. Frekuensi 6GHz menawarkan kecepatan transfer data serta latency yang lebih rendah, sehingga sangat cocok untuk gamer. Frekuensi 6GHz di WiFi 6E memungkinkan pengalaman online gaming yang lebih baik dan minim lag berkat latency yang sangat rendah.

Bagi gamer yang suka menggunakan mouse, controller, maupun headset Bluetooth, ROG Zephyrus G14 (2022) telah dibekali dengan Bluetooth 5.2. Sebagai tambahan, ROG Zephyrus G14 (2022) juga hadir dengan pembaca kartu MicroSD.

Performa Lebih Kencang

ROG Zephyrus G14 (2022) merupakan salah satu laptop yang tergabung dalam program AMD Advantage yang menggabungkan peran CPU AMD Ryzen 6000 Mobile Series dengan GPU AMD Radeon RX 6000S Series. Kombinasi CPU dan GPU dari AMD tersebut memungkinkan optimalisasi yang berfokus pada tiga hal, yaitu performa gaming terbaik, kualitas layar terbaik, serta mobilitas tinggi. Tidak hanya itu, laptop gaming dengan AMD Advantage juga dibekali dengan beragam fitur eksklusif.

Fitur pertama adalah SmartAccess Memory. Fitur tersebut memungkinkan CPU AMD Ryzen 6000 Mobile Series untuk dapat mengakses seluruh memori di GPU AMD Radeon RX 6000S Series. Sebelumnya, CPU hanya dapat mengakses Sebagian kecil memori milik GPU. SmartAccess Memory dapat mengeliminasi bottleneck tersebut sehingga CPU dan GPU dapat memanfaatkan jalur data PCI Express secara optimal. Smart Access Memory dapat meningkatkan performa gaming hingga 15%.

ROG Zephyrus G14 (2022) juga dilengkapi dengan fitur SmartShift, yaitu fitur yang memungkinkan pembagian daya antara CPU dan GPU yang lebih optimal. SmartShift membuat ROG Zephyrus G14 (2022) untuk dapat bekerja lebih optimal sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saat bermian game yang membutuhkan performa GPU, SmartShift akan mengalokasikan kelebihan daya pada CPU ke GPU sehingga performa gaming dapat tampil lebih baik. Sebaliknya saat laptop membutuhkan performa ekstra untuk CPU, sistem akan mengalokasikan daya berlebih dari GPU ke CPU.

Selain fitur dari AMD, ROG Zephyrus G14 (2022) juga dilengkapi dengan MUX Switch seperti halnya seluruh jajaran laptop gaming ASUS yang hadir di tahun 2022. MUX Switch merupakan chip khusus yang dapat melakukan bypass jalur visual dari discrete GPU langsung ke layar. Sebelumnya, jalur visual dari discrete GPU harus melewati integrated GPU terlebih dahulu sehingga memperpanjang alur yang mengakibatkan penurunan framerate saat bermain game.

Berkat MUX Switch kini jalur visual bisa dialihkan dari discrete GPU secara langsung ke layar atau dialihkan ke integrated GPU. MUX Switch memberikan peningkatan framerate hingga 30% di game Rainbow Six Siege serta sebesar 9% di berbagai judul game ternama lainnya. Tidak hanya itu, MUX Switch juga memberikan opsi kepada gamer untuk memilih untuk mengaktifkan integrated GPU dan menghemat baterai, atau memaksimalkan performa dengan bergantung penuh pada discrete GPU.

Dibandingkan dengan seri pendahulunya, ada beberapa aspek di ROG Zephyrus G14 (2022) yang telah di-upgrade pada sisi spesifikasinya. Pertama, slot penyimpanan ROG Zephyrus G14 (2022) sudah mendukung PCIe 4.0 SSD. Sistem penyimpanan data terbaru tersebut menawarkan kecepatan baca dan tulis yang sangat kencang dan akan berpengaruh langsung pada waktu loading di dalam game ataupun saat menjalankan berbagai aplikasi.

Berikut hasil benchmark ROG Zephyrus G14 (2022) yang menggunakan CPU AMD Ryzen 9 6900HS dan GPU AMD Radeon RX 6800S:

Sistem Pendingin Baru

Berkat penggunaan hardware yang lebih powerful, ROG Zephyrus G14 (2022) pun harus dibekali dengan sistem pendingin yang lebih canggih. Untuk itulah ASUS membekali laptop gaming ini dengan sistem pendingin baru yang memanfaatkan vapor chamber. Berbeda dengan heatpipe, vapor chamber memiliki kemampuan melepaskan panas secara langsung sehingga sangat cocok untuk laptop dengan bodi ringkas seperti ROG Zephyrus G14 (2022).

Agar transfer panas antara komponen dengan vapor chamber berjalan secara optimal, ROG Zephyrus G14 (2022) menggunakan liquid metal sebagai thermal compound di CPU dan GPU yang merupakan dua komponen penghasil panas paling tinggi. Penggunaan liquid metal membuat suhu CPU dan GPU dapat diturunkan hingga 15⁰C dan membuat kedua komponen utama tersebut dapat selalu bekerja secara optimal.

Tidak sampai di situ saja, ROG Zephyrus G14 (2022) bahkan dibekali dengan kipas khusus bernama Arc Flow Fan. Kipas tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mengalirakan udara tidak hanya secara lebih optimal, tetapi juga minim turbulensi sehingga memiliki tingkat kebisingan yang lebih rendah dari kipas yang digunakan di ROG Zephyrus G14 generasi sebelumnya.

Terlebih lagi, ASUS menyediakan empat mode penggunaan di ROG Zephyrus G14 (2022). Melalui aplikasi Armoury Crate, ROG Zephyrus G14 (2022) dapat diatur untuk berjalan di mode Silent yang super senyap dan irit daya, mode Performance untuk menghadirkan performa ekstra, mode Turbo untuk mengatasi pekerjaan paling berat, serta mode manual untuk menghadirkan 100% potensi performa yang dimiliki oleh ROG Zephyrus G14 (2022).

Main Spec. ROG Zephyrus G14 (GA402)
CPU AMD Ryzen™ 9 6900HS Mobile Processor (8-core/16-thread, 16MB cache, up to 4.9 GHz max boost)

AMD Ryzen™ 7 6800HS Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.7 GHz max boost)

Operating System Windows 11 Home
Memory 1x16GB DDR5 4800MHz

2x8GB DDR5 4800MHz

Storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD

512GB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD

Display 14”, FHD (1920 x 1200) 16:10, IPS, 144Hz, 3ms, Adaptive Sync, Mux Switch, PANTONE Validated, 100% sRGB, 400 nits
Graphics AMD Radeon™ RX 6800S

AMD Radeon™ RX 6700S

Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x card reader (microSD) (UHS-II), 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Camera 720P HD IR camera with Windows Hello facial recognition
Connectivity Wi-Fi 6E (802.11ax) + Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2
Audio 4-speaker system with Smart Amplifier Technology, AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification
Battery 76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 31.2 x 22.7 x 1.95 ~ 1.95 cm
Weight 1.72 Kg
Colors Eclipse Gray, Moonlight White
Price Rp28.999.000 (Ryzen™ 7/RX 6700S/144Hz/2x8GB RAM/512GB SSD)

Rp30.999.000 (Ryzen™ 9/RX 6700S/144Hz/2x8GB RAM/512GB SSD)

Rp32.499.000 (Ryzen™ 9/RX 6800S/144Hz/1x16GB RAM/1TB SSD)

Warranty 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Foto ROG Zephyrus G14 beresolusi tinggi dapat diunduh melalui URL berikut ini:

http://channel.asus.com/ExternalFile.aspx?path=56f979b5a9a6466595159020a483c0ed